Pasang Iklan disini
hub kami via YM atau email
Sablon Kaos Satuan
Baja Ringan
Selamat Datang di Berbagi Ilmu

Sistem Pemungutan Pajak ( Part 1 )


Sekarang mencoba untuk membahas sistem pemungutan pajak yang saya ketahui dan saya pelajari di kampus. Ini coba saya urai satu persatu.

SISTEM PEMUNGUTAN PAJAK


Didalam melaksanakan pemungutan pajak, terdapat beberapa sistem yang biasa di terapkan oleh pemerintah, dan biasanya setiap negara berbeda – beda tergantung pada pemerintah itu sendiri. Disini saya coba untuk menguraikan beberapa jenis sistem pemungutan pajak yang berlaku saat ini.



Official Assessment System

Yang pertama yang akan kita bahas adalah Official Assessment System, yakni pajak akan dibayar / dilunasi setelah adanya surat ketetapan pajak yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang ( dalam hal ini biasanya Dirjen Pajak ).

Jadi pada dasarnya sistem ini menganut sistem pajak kuno. Dimana pemerintah harus turun tangan sendiri untuk bisa menagih pajak, sedangkan wajib pajak hanya menunggu surat ketetapan pajaknya.Sistem ini sudah tidak dipakai oleh negara – negara maju, karena biaya untuk menagih pajak yang sangat besar. Namun di Indonesia sistem ini masih digunakan, hanya saja tidak digunakan disemua sektor pajak. Contoh yang masih menggunakan sistem ini adalah pembayaran PBB. Semua warga menunggu surat ketetapan pajak oleh dinas setempat. Kemarin saya sendiri sempat melihat dimana ada orang kelurahan mengantar surat ketetapan pajak untuk rumah keluarga saya, dan ini menjelaskan bahwa Indonesia masih menganut Official Assessment System.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Windi Sugiarto | Bloggerized by Windi